Metode Drill, Pembelajaran Matematika

Penggunaan istilah latihan/drill, sering disamakan artinya dengan istilah ulangan. Sebenarnya berbeda, ulangan adalah suatu tindakan untuk sekedar mengetahui sejauh mana siswa telah menyerap pelajaran yang telah diberikan oleh guru. Sedangkan latihan dimaksudkan agar pengetahuan dan kecakapan tertentu menjadi milik siswa dan dapat dikuasai sepenuhnya.

Adapun metode drill (latihan berjenjang) itu sendiri menurut beberapa pendapat memiliki arti sebagai berikut:

  1. Suatu teknik yang dapat diartikan sebagai suatu cara mengajar di mana siswa melaksanakan kegiatan-kegiatan latihan, siswa memiliki ke-tangkasan atau keterampilan yang lebih tinggi dari apa yang telah dipelajari. (Roestiyah, 2001:125).
  2. Suatu metode dalam pendidikan dan pengajaran dengan jalan melatih anakanak terhadap bahan pelajaran yang sudah diberikan. (Zuhairini, dkk, 2000: 106).
  3. Suatu kegiatan dalam melakukan hal yang sama secara berulang-ulang dan sungguh-sungguh dengan tujuan untuk memperkuat suatu asosiasi atau menyempumakan suatu keterampilan supaya menjadi permanen.

Dari beberapa pendapat di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa metode drill (latihan berjenjang) adalah suatu cara menyajikan bahan pelajaran dengan jalan melatih siswa agar menguasai pelajaran dan terampil. Pada pelaksanaannya siswa terlebih dahulu telah dibekali dengan
pengetahuan secara teori. Kemudian dengan tetap dibimbing oleh guru, siswa disuruh mempraktikkannya sehingga menjadi mahir dan terampil.

Tujuan Metode drill (latihan berjenjang)
Tujuan metode drill (latihan berjenjang) adalah untuk memperoleh suatu ketangkasan, keterampilan tentang sesuatu yang dipelajari anak dengan melakukannya secara praktis pengetahuan-pengetahuan yang dipelajari anak itu dan siap dipergunakan bila sewaktu-waktu diperiukan (Pasaribu dan B. Simandjuntak, 2001: 112).

Metode drill (latihan berjenjang) ini biasanya dipergunakan untuk tujuan agar siswa:

  1. Memiliki keterampilan motoris/gerak, seperti menghafal kata-kata, menulis, mempergunakan alat atau membuat suatu benda; melaksana-kan gerak dalam olah raga.
  2. Mengembangkan kecakapan intetek, seperti mengalikan, membagi, menjumlahkan, mengurangi, menarik akar dalam hitungan mencongak. Mengenal benda/bentuk dalam pelajaran matematika, ilmu pasti, ilmu kimia, tanda baca dan sebagainya.
  3. Memiliki kemampuan menghubungkan antara sesuatu keadaan dengan hal lain, seperti sebab akibat banjir – hujan; antara tanda huruf dan bunyi ing, ny dan lain sebagainya; penggunaan lambang/simbol di dalam peta dan lain-lain (Roestiyah, 2001: 125-126).

Dari keterangan-keterangan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa tujuan dari metode drill (latihan berjenjang) adalah untuk melatih kecakapan-kecakapan motoris dan mental untuk memperkuat asosiasi yang dibuat.

About these ads

About maskiazizah
Guru Matematika

4 Responses to Metode Drill, Pembelajaran Matematika

  1. Bekti says:

    Berguna bagi guru matematika, lanjutkan ……………

  2. Mas Behan says:

    Siiiiiippplah …….

  3. iin pratiwi says:

    bu metode drill bisa untuk semua pokok bahasan matematika ya???????????

  4. maskiazizah says:

    Silahkan di coba, karena tidak ada metode yang bisa diterapkan untuk semua materi pembelajaran,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: