Guru dan Internet

Adalah sebuah kenyataan bahwa sebagian besar dari sekitar 2,9 juta guru di Indonesia, termasuk “gaptek” alias gagap teknologi. Ini tentu mengkhawatirkan, sebab teknologi internet adalah salah satu fasilitas untuk mempermudah komunikasi tentang pelbagai jenis ilmu pengetahuan. Teknologi komputer dan internet, akan sangat mendukung perkembangan belajar-mengajar.

Perkembangan teknologi komputer dan internet, seolah membuat dunia tak lagi punya batas. Informasi pun berada dalam genggaman. Kearifan dan kecermatan dalam memanfaatkan perkembangan teknologi menjadi sangat penting. Untuk itu, keberadaan guru diperlukan untuk mengarahkan penggunaan teknologi secara beretika dalam pemilahan dampak negatif dan positifnya.

Mencuatnya situs-situs media sosial seperti blog, Facebook dan microblogging seperti Twitter, sangat mungkin dimanfaatkan untuk kepentingan belajar-mengajar. Komunikasi intensif dan interaktif antara guru dan murid dalam proses belajar-mengajar, akan makin maksimal dengan adanya situs media sosial tersebut.

Di beberapa sekolah, guru terkadang memberikan tugas dengan meminta muridnya membuka blog milik guru tersebut. Sebaliknya, murid pun bisa mengirimkan tugasnya, ke blog sang guru sebagai sebuah tanggapan. Bahkan murid pun, bisa membuat blog untuk berbagi, berdiskusi dengan teman-teman atau juga gurunya. Komunikasi interaktif ini hanya bisa terjalin bila keduanya sudah memanfaatkan teknologi dengan baik.

Lalu bagaimanakah kesiapan kita, sekolah yang ingin sekolahnya maju dan ingin siswa-siswinya pintar dan cerdas? Apakah sudah menyiapkan sarana dan prasarana seperti hotspot internet? Apakah sudah mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu mengelola teknologi komunikasi di sekolahnya? Bagaimana pula para guru yang harus mengikuti perkembangan kemajuan ini. Sudahkah anda berupaya meningkatkan keprofesionalannya? inilah pR kita pemangku dan pelaksana lapangan.

About maskiazizah
Guru Matematika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: