Matematika dan Pendekatan Investigasi

Sampai dengan saat ini belum ada suatu data atau fakta yang dapat dijadikan bukti bahwa hasil pembelajaran matematika di Indonesia sudah berhasil baik. Beberapa indikator mulai dari rataan nilai UAN, batas kelulusan secara nasional, lebih-lebih hasil di forum internasional International Mathematical Olympiad (IMO) misalnya masih menunjukkan hasil yang jauh dari menggembirakan.

Rendahnya hasil pembelajaran matematika di Indonesia ini salah satunya disebabkan oleh rendahnya kualitas pembelajaran yang diselenggarakan guru di sekolah. Rendahnya kualitas pembelajaran ini, diakibatkan oleh bermacam-macam sebab, salah satu di antaranya kurang tepatnya pendekatan pembelajaran yang dipilih guru dalam pengembangan silabus dan skenario pembelajaran yang dirumuskan, yang bermuara pada kurang efektifnya pembelajaran yang dikembangkan di kelas.

Wacana untuk menyelaraskan pendekatan pembelajaran yang tepat, sebenarnya sudah direkomendasikan oleh Great Britain Departement Education and Science (1982) yang merupakan laporan dari Commettee of Inquairy into the Teaching of Mathematics in School, yang biasa kita kenal dengan istilah The Cocroft Report ini, pada paragraph 243, direkomendasikan bahwa: “Pembelajaran matematika pada semua level pendidikan, seharusnya meliputi kesempatan berlangsungnya kegiatan:
1. Eksposisi dari guru
2. Diskusi antara guru dengan siswa dan diskusi antar siswa.
3. Adanya kerja praktek (practical work) yang serasi
4. Konsolidasi dan latihan ketrampilan fundamental dan rutin
5. Pemecahan masalah (problem solving) yang berisi juga mengenai penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari.
6. Kerja investigasi.

Mengacu pada Cocroft Report di atas maka porsi pembelajaran matematika yang menggunakan pendekatan investigasi perlu ditingkatkan. Demikian juga kalau kita simak Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan untuk Mata Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Investigasi. Apa dan bagaimana pendekatan investigasi ini, ikuti posting yang akan datang. Bersambung ……….

About maskiazizah
Guru Matematika

3 Responses to Matematika dan Pendekatan Investigasi

  1. mtsn slawi says:

    Good effort …..

  2. Satria says:

    Wah … ditunggu nih posting2 spt in ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: