Beberapa Istilah dalam Pendekatan Investigasi

Beberapa istilah yang harus kita pahami dalam membahas pendekatan investigasi dalam pembelajaran matematika ini antara lain penggunaan istilah strategi, metode, pendekatan serta teknik dalam pembelajaran. Istilah-istilah tersebut mempunyai pengertian yang hampir sama, dan dalam penggunaannya kadang-kadang rancu. Oleh karena itu, harus disamakan. Ruseffendi(1980) mencoba memberikan klarifikasi tentang keempat masalah di atas, yang menurutnya:

  1. Metode mengajar adalah cara mengajar secara umum yang dapat ditetapkan pada semua mata pelajaran, misalnya mengajar dengan ceramah, ekspositori, tanya jawab, penemuan terbimbing dan sebagainya.
  2. Strategi mengajar adalah seperangkat kebijaksanaan yang terpilih, yang telah dikaitkan dengan faktor yang menentukan warna dari strategi pembelajaran tersebut:

a.  pemilihan materi pelajaran (guru dan murid)
b.  penyaji materi pembelajaran tersebut (perorangan, atau belajar mandiri)
c.  cara materi pelajaran disajikan (induktif atau deduktif, analitis atau sintetis, formal atau non formal)
d.  sasaran penerima materi pelajaran (kelompok, perorangan, heterogen atau homogen)

3.  Pendekatan adalah jalan atau arah yang ditempuh oleh guru atau siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dilihat bagaimanamateri itu disajikan. Misalnya memahami suatu konsep dengan pendekatan induktif atau deduktif, atau mempelajari operasi perkalian dengan pendekatan hasil kali Cartesius, demikian juga bagaimana siswa memperoleh, mengorganisasi dan mengkomunikasikan hasil belajarnya lewat pendekatan ketrampilan proses (process skill)

4. Teknik mengajar adalah penerapan secara khusus suatu metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan dan kebiasaaan guru, ketersediaan media pembelajaran serta kesiapan siswa, sebagai misal teknik mengajarkan perkalian sebagai penjumlahan berulang.

Belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif. Nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antara guru dan siswa. Sedang mengenai pengertian strategi pembelajaran ini Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain (1996:5) memberi rambu-rambu konsep strategi pembelajaran, bahwa secara umum strategi mempunyai suatu garis-garis besar untuk bertindak dalam usaha mencapai yang telah ditentukan. Dengan sedikit mengerucut pembahasan tentang strategi pembelajaran maka dapat diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru – anak didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan.

Memperhatikan trend pendidikan matematika yang berkembang di dunia dewasa ini Fadjar
Shadiq (1999) mengklasifikasikan sebagai berikut:

  1. Beralihnya pendidikan matematika dari bentuk formal ke penerapan, proses (activities), dan pemecahan masalah nyata. Dengan kata lain dari deduktif ke induktif.
  2. Beralihnya assessment (penilaian) ke bentuk penilaian autentik seperti portofolio, proyek, interview, laporan siswa, jurnal, penilaian mandiri siswa.
  3. Pemaduan matematika dengan disiplin lain (dari single discipline ke interdisciplinary)
  4. Peralihan dari belajar perorangan (yang bersifat kompetitif) ke belajar bersama (cooperative learning).
  5. Peralihan dari belajar menghafal (rote learning) ke belajar pemahaman (mastered learning) dan belajar pemecahan masalah (problem solving).
  6. Peralihan dari dasar positivist (behaviorist) ke konstruktivisme, atau dari subject centred ke clearer centred (terbentuk/terkonstruksinya pengetahuan).
  7. Peralihan dari teori pemindahan pengetahuan (transfer of knowledge) ke bentuk interaktif, investigasi, eksploratif, kegiatan terbuka, keterampilan proses, modeling dan pemecahan masalah.

About maskiazizah
Guru Matematika

One Response to Beberapa Istilah dalam Pendekatan Investigasi

  1. MTsN Slawi says:

    Model pembelajaran …. bagaimana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: